Keindahan Curug Muara Jaya Majalengka

- 3/19/2018
Keindahan Curug Muara Jaya Majalengka
Pesona Keindahan Curug Muara Jaya | kabarmjl.me – Curug Muara Jaya Majalengka atau sering dikenal dengan sebutan 'Curug Apuy' adalah air terjun yang dialiri oleh air Sungai Muara Jaya yang berada tepat di lereng Gunung Ciremai. Curug Apuy atau Curug muara jaya merupakan jenis air terjun cascade atau jenis yang bertingkat, dengan tinggi terjunan air mencapai sekitar 73 meter. Maka tak heran pesona keindahan Curug Muara Jaya akan membuat takjub para wisatawan.

 Pesona Keindahan Curug Muara Jaya Majalengka

Di curug muara jaya terdapat dua tingkat air terjun, dimana di tingkat pertama ada air terjun yang utama, air tersebut jatuh dari ketinggian yang mencapai kurang lebih sekitar 60 meter di dinding tebing batu. Sementara di tingkat yang kye dua terdapat air terjun yang lebih pendek jaraknya hanya setinggi kurang lebih sekitar 13 meter.

Di kawasan curug muara jaya memiliki udara yang sangat sejuk, tidak heran karena merupakan daerah pegunungan yang dekat dengan gunung Ciremai. Tanah sekeliling Air terjun Muara jaya juga sangat subur sehingga para wisatawan akan banyak menemui hamparan kebun atau palawija dan sayur mayur, bahkan di curug muara jaya juga terdapat banyak sekali pohon kesemek yang tumbuh dengan subur. Di lokasi Curug Muara jaya setiap tahun selalu digelar upacara 'Pareresan' yang biasa dilakukan oleh masyarakat setempat setelah melaksanakan panen raya.

Lokasi Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya Berjarak sekitar kurang lebih 23 km dari arah tenggara ibu kota Kabupaten Majalengka atau 83 km dari sisi barat daya Kota Cirebon. Wisatawan dapat menempuh ke Curug Muara Jaya dengan menggunakan kendaraan bermotor atau bisa juga menggunakan kendaraan roda empat untuk menuju ke Tempat wisata Curug.

Jika wisatawan mengambil jalur dari arah kota Majalengka. Wisatawan dapat berhenti dan berkunjung dulu di Terminal Maja yang merupakan sentra sayuran Kota Majalengka. Dari terminal Maja wisatawan dapat melanjutkan perjalan menuju desa Argalingga. Bila wisatawan tidak tahu arah jalan, wisatawan bisa bertanya kepada warga setempat yang akan memberi tahu lokasi Curug Muara Jaya.

Keadaan akses jalan dari terminal Maja menuju Aralingga lumayan sempit. Jadi, akan sulit untuk dua kendaraan mobil yang berpapasan atau sulit untuk menyalip. Jalanan sedikit menanjak serta berkelok. Di sebagian jalan banyak aspal mengelupas sehingga membuat jalan menjadi berlubang.
Jadi, wisatawan harus berhati-hati dalam membawa kendaraan. Jalan rusak akan ditemput sekita dua km akhir desa argalingga.

Ketika tiba di desa Argalingga wisatawan bakal melihat pertigaan. Belokan ke kiri adalah jalan menuju Rajagaluh melalui kecamatan Sindangkerta (alternatif jalan menuju desa Argalingga bila tidak melewati Maja). Sedangkan belokan ke kanan adalah jalan menuju desa Argamukti, tempat dimana Curug Muara Jaya berada.

Jarak dari pertigaan desa ini akan sampai sekitar 2 km hingga tiba di desa Argamukti. Keadaan jalan ke desa inilah yang lumayan rusak dan sedikit sempit, aspalnya mengelupas serta turun naik.

Setelah masuk desa Argamukti, wisatawan bakal melihat pertigaan lagi, disini ada penunjuk arah ke Curug Muara Jaya. Ambil jalan kanan dan ikuti panduan arah jalan, tidak sampai lima menit wisatawan akan tiba di gerbang curug muara jaya.

Ketika wisatawan sampai di pintu gerbang curug, wisatawan bisa parkirkan kendaraannya ditempat yang sudah diatur pihak wisata. Nah, setelah dari tempat parkir curug, perjalanan akan diteruskan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak yang sudah di paving blok, serta sudah  diberi undakan sejauh lebih kurang 300 m. Wisatawan akan menuruni lembah sedalam kurang lebih 100 m. Curug muara jaya ini terletak seputar 500 m dari samping barat desa Argamukti.

Bila Menggunakan Agkutan Umum
Untuk wisatawan yang menggunakan angkutan umum, dari kota Majalengka wisatawan bisa naik mobil angkutan umum type elf atau L-300 jurusan Terminal Maja. Sesampainya di Terminal kecamatan Maja wisatawan dapat turun di dekat pasar. Kemudian carilah pertigaan di samping terminal Maja dan ambil jalan ke kiri (ke arah gunung).

Jalan itu merupakan jalan satu-satunya yang menuju desa Argamukti Via Terminal Maja. Nah, di pertigaan ini wisatawan dapat meneruskan perjalanan dengan menggunakan angkutan mobil bak terbuka sejenis pickup, itulah mobil umum untuk dipakai warga mengangkut penumpang dan sayur-mayur hasil panen.

Biaya naiknya sekitar Rp 3000 per orang sampai diantarkan di tempat pelataran parkir dekat kompleks curug. Wisatawan juga dapat menggunakan Alternatif lain, yaitu dengan menggunakan ojek yang berada di sekitar terminal Maja dengan biaya Rp 8000 per orang hingga tiba di Curug Muara Jaya, tempat yang dituju.

Fasilitas dan Akomodasi Curug Muara Jaya

Fasilitas yang berada di Curug Muara Jaya terdiri dari beberapa fasilitas, diantaranya ada warung penjual makanan dan minuman, ruang camping ground, tempat parkir, wc, mushola dan ruang taman bermain untuk anak-anak. Di tempat Wisata Curug muara jaya juga terdapat dua bangunan pendopo, yang satu besar dan yang satunya kecil.

Bangunan yang bernama Balai Pertemuan Muara Jaya memang berniat dibangun untuk tempat istirahat para wisatawan yang datang.
Bangunan ini tidak jauh dari tempat air terjun  yang bernama Muara Jaya.

Harga tiket dan Parkir Curug Muara Jaya

Untuk menikmati keindahan Wisata Curug Muara Jaya, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang untuk ticket masuk yaitu Rp 6000 per orang, dan untuk biaya parkir yaitu Rp 2000 untuk kendaraan roda dua.

Dan bagi wisatawan yang berniat untuk berkemah di bumi perkemahan dekat air terjun, wisatawan akan membayar harga karcisnya menjadi Rp 3.500 per orang.

Tidak mahalkan? Jadi, jika anda para wisatawan yang hobi berfoto dengan keindahan, mungkin di Wisata Curug Muara Jaya anda akan menikmatinya. Dan untuk yang ingin menghilangkan penat, di tempat ini anda akan menghilangkannya.

Catatan : Jalan rusak dan Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

Go, eksplor Majalengka.

Baca juga :


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search