Goa Lalay Majalengka Mirip Green Canyon di Amerika

- 3/13/2018
Goa Lalay Majalengka Mirip Green Canyon di Amerika
Goa Lalay Majalengka Mirip Green Canyon di Amerika

Wisata Majalengka -  Postingan pertama di tahun 2018 ini saya akan mengeksplor tempat Wisata di Majalengka. Tempat Wisata yang pertama dieksplor adalah Goa Lalay Majalengka yang  Mirip Green Canyon di Amerika, mungkin wisata ini tidak asing lagi untuk warga Sukadana, Kec. Argapura.

Lokasi Goa Lalay ini terletak di desa Sukadana, Kec. Argapura, Majalengka. 

Track perjalanan yang ditempuh wisatawan ke desa Sukadana, Kec. Argapura tidak begitu sulit karena belokan dan tanjakanya tidak begitu tajam dan curam.
Wisatawan bisa menggunakan roda dua atau roda empat untuk menuju ke desa Sukadana, Kec. Argapura.

Jika wisatawan sudah sampai di desa Sukadana, Kec. Argapura. Wisatawan harus menyimpan kendaraan dan melanjutkan perjalanan menuju Tempat Wisata Goa Lalay dengan berjalan kaki.

Jalan Menuju Goa Lalay 

Jalan menuju Tempat Goa Lalay memang sedikit sulit, karena hanya menggunakan jalan setapak. Jadi, wisatawan butuh pengorbanan untuk melihat keindahan alam di Goa Lalay tersebut.

Di sepanjang perjalanan wisatawan akan dimanjakan oleh keindahan pemandangan dari tebing berwarna kehijauan yang terbentang di kiri dan kanan jalan.

Goa Lalay menyimpan pesona keindahan alam yang luar biasa indah. Maka tidak heran tempat ini sering disebut sebagai Green Canyon Majalengka oleh para pengunjung, karena mirip dengan Green Canyon di Arizona, Amerika Serikat.

Goa lalay diambil dari bahasa sunda yang berarti Goa Kelelawar, alasan mengapa tempat ini disebut goa lalay karena bentuknya yang mirip dengan Goa dan juga ditempati oleh banyak kelelawar. Tempat wisata ini akan memanjakan para wisatawan yang datang dengan pesona keindahan alam yang belum tersentuh oleh insfrastruktur.

Tentang Kelelawar yang berada di Goa

Untuk populasi jumlah kelelawar di Goa Lalay ini semakin berkurang dari hari ke hari, mungkin karena banyaknya wisatawan yang datang sehingga membuat kelelawar berpindah ke tempat lain.
Disarankan untuk wisatawan supaya membawa masker jika akan berkunjung ke goa, untuk sedikit membantu menghilangkan bau kelelawar.

Keelokan dan keindahan Goa Lalay yang berada di Majalengka memang berbeda dengan goa-goa lain. 

Pada umumnya, goa berbentuk sebuah ruangan atau rongga besar di dalam tanah, yang akan membuat orang menjadi pengap bila memasukinkya. Tapi untuk Goa Lalay ini  berbeda, rongga Goa Lalay terbentuk karena hasil apitan dua tebing tinggi yang mencapai kurang lebih 20 M. Dibawahnya mengalir air sungai yang jernih nan sejuk, dinakaman oleh warga setempat sebagai sungai Cilongkrang.

Dua tebing yang mengapit sungai itu akan membuat para wisatawan serasa di dalam Goa unik. Tebingnya berwarna kehijauan, membentuk kotak-kotak seperti yang sudah di atur oleh sang desainer terbaik, tuhan yang maha esa.

Di Goa Lalay juga terdapat curug atau air terjun setinggi kurang lebih 3 meter yang berada di tengah-tengah, wisatawan bisa mandi dan merasakan air sejuk yang dapat menghilangkan rasa penat.

Letaknya pun tidak jauh dari Goa Lalay, wisatawan hanya perlu turun dan berjalan kaki menyusuri sugai untuk dapat melihat keindahan curug atau air terjun embun.

Curug di Goa Lalay ini biasa disebut Curug Ibun Pelangi atau dalam Bahasa Indonesianya Air Terjun Embun Pelangi.
Goa Lalay Majalengka Mirip Green Canyon di Amerika

Kenapa disebut Air Terjun Embun Pelangi?

Karena jika wisatawan datang ke curug ibun saat matahari sedang terik, wisatawan akan ditakjubkan oleh siluet pelangi indah yang berhamburan embun dari deburan Air Terjun.

Jadi, jika wisatawan datang ke Goa Lalay. Maka akan dihidangkan dua paket wisata sekaligus, yang keduanya itu akan memanjakan wisatawan oleh keindahan alam nusantara dan juga akan membuat wisatawan merasa betah.

Untuk biayanya pun tidak mahal. Malah terbilang sangat murah karena tidak seimbang dengan keindahan alam yang akan memanjakan wisatawan.

Tak heran, kawasan ini banyak dikunjungi oleh anak remaja dan mahasiswa-mahasiswa setiap harinya, pengunjung ada yang berasal dari dalam kota ada juga yang sengaja datang dari luar kota.

Namun sangat disayangkan untuk tempat kawasan wisata yang sangat indah ini, karena belum tersentuh oleh infrastruktur pendukung dari pemerintah, baik akses jalan atau fasilitas pendukung lainya.

Oleh karena itu tempat wisata Goa Lalay ini masih sangat alami, dan menjadi salah satu keindahan nusantara karya desainer terbaik, Tuhan Yang Maha Esa.

Catatan Penting :

Air sungai yang mengalir yang diapit oleh dua tebing itu sewaktu-waktu bisa membesar atau banjir bandang. Untuk itu tetap waspada dan selalu mengikuti arahan dari guide, karena mereka lebih tahu seluk beluk dari Wisata Goa Lalay ini.
Tempat Goa Lalay sudah memakan beberapa korban akibat air bah yang terjadi ketika musim hujan. Untuk itu tetap hati-hati dan waspada ketika akan bermain ke tempat Goa Lalay atau Green Canyon Majalengka.
Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk para pengunjung dari luar daerah.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search